Tuesday 3 February 2015

SENI BELADIRI KENDO

Kendo adalah jenis seni bela diri modern yang berasal dari negara Jepang dengan menggunakan senjata, dimana senjata yang dimaksud adalah pedang. Nama kendo berasal dari kata "Ken" yang berarti "Pedang", dan "Do" berarti "Jalan". Jadi arti nama kendo secara umum yaitu suatu jalan/tatanan kehidupan seorang samurai yang berani.

Peralatan yang digunakan saat berlatih Kendo :
Seragam : Kendo Gi (baju) dan Hakama (bawahan)
Pedang tidak tajam terbuat dari bambu (disebut Shinai)
Bogu, terdiri dari : Men (head protector) Do (body protector) Kote (hand protector) Tare (pelindung kemaluan dan paha).

Latihan Kendo ada berbagai macam tujuan yaitu diantaranya untuk mengembangkan diri. Seperti bela diri lain, Kendo memerlukan disiplin yang tinggi dan dedikasi secara penuh untuk berlatih, seperti etika, postur tubuh dan tata cara melangkah, serta cara mengayun pedang dengan benar.


Teknik – teknik dalam Kendo


Ada 4 (empat) jenis serangan Kendo, yaitu:


Men 

Tebasan ke arah sekitar kepala. Sasaran adalah dari ujung dahi sampai dagu.


Kote

Tebasan tangan atau daerah sekitarnya sepanjang lengan. Jika lawan dominan pada tangan kanan, maka sasaran adalah tangan kanan, dan jika lawan lebih dominan pada tangan kiri maka sasaran adalah tangan kiri. Namun jika lawan menggunakan dua pedang, maka keduanya dapat sebagai sasaran. Serangan bertujuan untuk melumpuhkan atau menjatuhkan pedang dari tangan lawan.


Do

Tebasan pada area badan. Sasarannya adalah bagian kiri atau kanan perut.


Tsuki 

Tusukan. Tsuki ini sasarannya hanyalah pada bagian leher. Teknik ini, diperlukan sekali keahlian yang tinggi dan kontrol sasaran tusukan yang tepat, sehingga tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada pertandingan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

No comments:

Post a Comment