Tuesday 3 February 2015

SENI BELADIRI KEMPO (KENPO)

Seni Beladiri Kempo (Kenpo) adalah salah satu jenis Seni bela diri yang berasal dari Jepang yang banyak menggunakan permainan tangan. Sedang arti dari Kempo adalah beladiri dengan menggunakan permainan tangan (dalam bahasa Mandarin : Quanfa).

Adapun beberapa aliran Kempo yang terkenal di Jepang dan negara-negara Barat adalah:

Tenshin Koryu Kempo, seni beladiri yang sudah berusia ratusan tahun (Era Meiji). Guru besar yang terakhir dari aliran tenshin koryu kempo ini adalah Ueno Takashi. Nihon Kempo, seni beladiri modern yang didirikan oleh Master Masaru Sawayama. Beladiri dengan kombinasi unik yaitu menggunakan teknik pukul-tendang dari Karate digabung dengan teknik bantingan serta pergumulan dari beladiri Judo dan Jujutsu, dan sekarang menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati di berbagai negara.

Kosho-ryu Kempo, seni beladiri yang diturunkan dari keluarga Mitose. Guru besar terakhir dari aliran ini Masayoshi Mitose, kemudian menurunkan ilmunya kepada murid-murid Masayoshi yang berkebangsaan Amerika. Menjadikan aliran Kempo ini dikenal sebagai American Kenpo Karate.

Shorinji Kempo, seni beladiri ini adalah gabungan Indo Kempo atau ilmu beladiri dari India dan ilmu ketabiban dari Tiongkok kuno.

Baca Artikel Lainnya :

No comments:

Post a Comment