Tuesday 3 February 2015

Seni Beladiri Kung Fu

Seni Beladiri Kung fu adalah seni bela diri yang berdiri pada masa lampau, yang berasal dari tiongkok. Kung fu memiliki makna arti yang luas, yaitu sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dengan ketekunan dan kesungguhan. Sehingga orang yang ahli memasak pun dapat di katakan memiliku kung fu yang tinggi. Kung fu sudah menyebar ke seluruh belahan dunia termasuk asia tenggara dan salah satunya adalah Indonesia.

Dan seperti bela diri pada umumnya, kung fu terbentuk karena proses kebutuhan dasar manusia (kebutuhan rasa aman), baik kebutuhan untuk bertahan hidup, mencari makan, maupun untuk berperang. Salah satu ilmu bela diri yang terkenal adalah dari kuil Shaolin. Dan seiring perkembangan zaman, ilmu bela diri kung fu digabung dan di standarkan menjadi suatu bentuk olahraga yang dapat dipertandingkan, yang sering disebut dengan ‘wushu’.

Wushu di Indonesia

Kata Wushu terdiri dari 2 kata, ‘wu’ yang berarti ilmu perang, dan ‘shu’ yang berarti seni. Jadi wushu dapat diartikan menjadi seni dalam berperang atau seni beladiri. Wushu pada zaman dahulu kebanyakan yang mempelajari hanyalah orang – orang tua, namun sekarang tidak mengenal usia semua dapat mempelajari wushu. Tidak ada data yang pasti sejak kapan wushu masuk ke Indonesia, yang pasti sejak puluhan tahun silam telah banyak yang memainkan wushu di beberapa kota kecil maupun besar.

Baca Juga Artikel menarik Lainnya :

No comments:

Post a Comment