Tuesday 21 October 2014

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Scramble

Metode pembelajaran scramble adalah sebuah metode pembelajaran yang berbentuk permainan acak kata, kalimat, atau paragraf. Sama seperti metode pembelajaran yang lain, metode pembelajaran scramble juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

Kelebihan yang dimiliki model pembelajaran scramble :

1. dalam model pembelajaran scramble , tidak ada siswa atau anggota kelompok yang pasif atau hanya diam, hal ini dikarenakan setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk keberhasilan kelompoknya. Setiap anggota kelompok diharuskan untuk mengetahui segala hal yang di kerjakan di dalam keklompoknya, mengetahui bahwa semua anggota memiliki tujuan yang sama, membagi tugas dan juga tanggung jawab yang sama diantara anggotanya, semua anggota akan dikenai evaluasi, setiap anggota juga harus siap menjadi pemimpin dan dapat berbagi dalam belajar bersama-sama. Selain itu setiap anggota juga akan di mintai pertanggungjawabanya secara mandiri tentang materi yang ditangani dalam kelompok.

2. Model pembelajaran scramble membuat siswa lebih kreatif dalam belajar dan berpikir, mempelajari materi secara lebih santai dan tanpa tekanan karena model pembelajaran scramble memungkinkan para siswa untuk belajar sambil bermain.

3. Model pembelajaran scramble dapat menumbuhkan rasa solidaritas diantara anggota kelompoknya.

4. Materi yang diberikan menjadi mengesankan dan selalu diingat siswa.

5. Model pembelajaran scramble juga mendorong siswa lebih kompetitif dan semangat untuk lebih maju.

Kelemahan model pembelajaran scramble

Model pembelajaran scramble memiliki kelemahan atau kekurangan sebagai berikut :

1. model pembelajaran ini sulit dalam hal perencanaanya karena belum terbiasa dengan kebiasaan siswa dalam belajar.

2. Memerlukan waktu yang panjang dalam pengimplementasiannya, sehingga guru susah menyesuaikan waktu yang sudah ditetapkan.

3. Model pembelajaran ini sulit diimplementasikan apabila kriteria keberhasilan belajar masih ditentukan oleh kemampuan siswa.

4. Karena menggunakan metode permainan, model pembelajaran ini sering menimbulkan kegaduhan yang bisa mengganggu kelas disebelahnya.

Semoga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan model pembelajaran scramble ini dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment