Tuesday 9 September 2014

makalah inovatif pembelajaran

Kerangka makalah inovatif pembelajaran


BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Setiap detik kehidupan manusia dapat berubah. Perubahan yang tejadi dapat mengarah pada perubahan negatif atau positif. Tidak hanya dalam bidang IPTEK saja perubahan terjadi, tetapi dalam bidang pendidikan juga sudah banyak perubahan yang terjadi. Perubahan pada dunia pendidikan akan menuntut guru untuk lebih kreatif, mengeksplor dan mengasah kemampuan yang dimilikinya. Seiring berkembangnya kemajuan IPTEK diharapkan akan membawa dampak yang baik dalam perkembangan dunia pendidikan. Inovasi pembelajaran dibutuhkan supaya siswa tidak merasa bosan ketika mengikuti proses belajar. Diharapkan siswa akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang maksimal.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari latar belakang di atas:

1. Mengapa diperlukan inovasi dalam pembelajaran?

2. Apa pengertian inovasi pembelajaran?

BAB II

PEMBAHASAN

A. Kemengapaan Inovasi Pembelajaran

Kemajuan IPTEK akan membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif dapat tercapai apabila kita mampu untuk memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan. Perkembangan IPTEK akan berdampak negatif apabila kita tidak bisa memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk memajukan pendidikan. Manfaatkan kemajuan IPTEK untuk menumbuhkan rasa semangat belajar pada diri siswa.

Teori otak dan penerapannya

Tugas otak sangat sentral, diantaranya untuk mengatur gerakan, bentuk, emosi, rasa, bunyi, dan perasaan secara bersamaan. Siswa diajarkan untuk berpikir kreatif dalam memecahkan bebagai persoalan. Adanya proses belajar akan memaksimalnya kerja otak.

Baca artikel menarik lainnya:
pembelajaran - quantum
strategi pembelajaran bahasa inggris
definisi perencanaan pembelajaran menurut beberapa ahli
model pembelajaran demonstrasi sunyi
model-model pembelajaran generatif
bahan pembelajaran membaca







No comments:

Post a Comment